Pages

Thursday, January 21, 2016

Berdamai dengan Diri Sendiri

Sepertinya postingan kali ini edisi lebay dan curcol to the max.. hihihihihi.. jadi yaaa,, menyambung tentang harga minyak yang turun bombastis dan telepon ibu saya di pagi hari, agaknya membuat saya sedikit banyak menyadari bahwa saya egois. heueheuuuu
Jadi ya, begitu ditelepon, saya keceplosan bilang ada isu phk di kantor suami. terus ibu saya bersyukur bilang, "tuh kan ada untungnya de annur kerja"
hmmm iya sih. setidaknya keluarga saya ga perlu khawatir ga ada pemasukan. errr,,lalu saya bantah
," ya a irfannya juga nanti kerja." heuuuu,,
saya memang sangat optimis kalau misalkan suami  ga kerja di BUMN ini, setidaknya dia bisa kerja di tempat lain. tapi dengan ujung- ujungnya ibu saya yang senenggg pake banget saya ko rasanya ga iklas. errrr...  saya di balik kebahagiaan sebagai PNS juga kebanyakan kena sindrom galau. Iya, saya adalah ibu galau yang bingung dan tersakiti dengan adanya posting tentang working mom. saya semacam merasa pekerjaan yang saya lakukan mengurangi peran saya sebagai ibu, jadinya deep down inside saya masih merasa bersalah. padahal saya juga yang memilih bekerja ya? hemm,, saya juga yang menikmati masa- masa saya bekerja bukan?
Padahal kalau dipikir- pikir memang ibu saya ada benarnya. mungkin ini semua takdir. heuheuuu... ibu saya yang ingin saya berguna lebih untuk masyarakat dan juga bisa punya posisi bergengsi di matanya.
Wahai ibu rumah tangga yang banyak di rumah, sejatinya saya iri. heuheuu.. iya karena saya tahu bahwa posisi itu sulit untuk saya, sulit karena saya adalah anak yang orang tuanya ingin saya bekerja, saya adalah anak yang kebetulan diterima PNS, dan saya juga adalah seorang ibu yang kerja di rumah nya ga bagus bagus amat. masak sekedarnya, nyapu ngepel sebisanya.. dandan cantik pun secukupnya. hahaha

terkadang, kita perlu diam dan sejenak berhenti berpikir. maka sekarang setelah berlalu beberapa waktu dari telepon tadi, saya baru tersadar. Hemm,, tersadar bahwa mungkin semua yang terjadi adalah kehendak- Nya. Bahwa semua adalah pilihan yang harus diambil dengan sebijaksana mungkin. Karena sejatinya orang tua juga adalah orang tua, selalu berharap yang terbaik untuk anaknya. dan anak ibu saya,, ya saya iniii... heuheuuu..

agaknya saya harus menerima bahwa saya kalah. saya harus menerima bahwa saya selalu menyalahkan ibu saya untuk pekerjaan yang sebenarnya saya ga suka.
ihhh.. mau sampai kapan coba? saya sendiri yang bersikap.. padahal seharusnya saya bersyukur. bersyukur pekerjaan yang saya miliki ini dekat dari rumah, waktunya relatif fleksibel, dan tanggung jawabnya juga ga berat- berat amat. Berdamai dengan diri sendiri mungkin akan membawa saya menjadi wanita yang lebih tangguh. sebagai ibu, sebagai pekerja, sebagai istri,  dan sebagai anak.

kaya gambar yang di 9gag ini kaaan?

3 comments:

  1. udah lama ga liat blognya de annur. Ternyata sudah pindah :)

    Sebenernya dari dulu2 pingin posting tentang nyenggol2 hal rumah tangga ini. Tapi deraan males malah mendominasi. hehe

    Alhamdulillah Irfan ga PHK. Cerita orang minyak a dodi lumayan update, soalnya Si Rony orang minyak juga yang curhatnya ke a dodi.

    Setelah a dodi menikah, terus terang a dodi ngerasa ga banyak utk nuntut sama isteri. Ga harus bisa masak, ga harus kerja, kalau mau kerja ya sok aja, kalau mau di rumah ya silahkan. Syarat a dodi cuma satu aja. Lakukan yang senang dilakukan, lakukan yang (merasa) harus dilakukan.

    Resiko ya ditanggung bersama. Kalau rumah berantakan ya terima, kalau makanan ga enak ya terima, kalau tamu dateng ga ada makanan, ya beli kalo ada uang, kalo ga ada ya minta maaf hehe. Karena fungsi isteri, buat a dodi bukan buat buat masak atau bersih2 rumah. Lebih ke buat diajak ngobrol dan memberi tenang.

    Tapi tetep ya perempuan mah dibilangin kaya gini teh suka ga percaya. Suka merasa bersalah kalau ga masak atau ga bersih, padahal term & conditions di atas udah sering dibilangin. Haha.

    Kalau sudah jadi insan dewasa mah pan ya, melakukan sesuatu (gak peduli itu datang dari niat sendiri atau disuruh orang) sudah harus sadar dengan resiko nya, dan ga bisa nyalahin orang. Tinggal berdamai aja sama diri sendiri, bener kata de annur.

    Bekerja atau di rumah. Perdebatan yang (seperti) ga beres2. Ga ada yang salah, selama suami/isteri membolehkannya. Alm. Amih seorang wanita pekerja. PNS. Sering merasa waktu di rumah selalu kurang. A dodi padahal merasa fine2 aja. Bahkan di saat beliau nonton sepakbola hingga larut malam, a dodi ga pernah merasa beliau tidak melakukan hal terbaik buat anak2nya.
    Kakak ipar a dodi, ibu dari tujuh anak, lulusan terbaik Poltek ITB, bekerja dan memutuskan menjadi ibu rumah tangga setelah menikah. Pekerjaannya memasak, membuat kue, selalu ada kue buatan sendiri dan sempat juga menjualnya, antar jemput ponakan2 nan lincah itu, dan macam kerjaan lainnya. Pernah merasa down karena ngerasa ga ngurus keluarga dengan baik. Padahal anaknya merasa ibunya adalah ibu terbaik di dunia.

    Sepertinya guilty feeling itu ada di mana2. Ga peduli di rumah maupun di kantor. Toh.. namanya tetap Ibu kok. Hehe. Tapi yang diajari abah dari jaman a dodi masih SMA adalah berbaik sangka. Si baik sangka ini ga bisa instan, sampai sekarang masih tetep belajar. Si baik sangka ini berguna banget di banyak aspek.

    Insya Alloh de Annur jadi ibu, isteri dan karyawan yang baik. Aamiin. I always have that thought every time. Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aaaamiiinnn..
      hehe iya nihhh,, komen a dodi bisa jadi artikel tersendiri :)
      iya emanggg,, berbaik sangka teh perlu banget kalo tanpa baik sangka mah semua hal yang diketahui langsung keliatan cela nya. heuheuuu...
      ngomong- ngomong soal fungsi isteri yang ini,, jadi inget abah. heheehee soalnya kalo dibilangin cari istri buat ngurusin abah langsung bilang," ya itu mah cari pembantu judulnya."
      lagi tersadar bahwa semua ada konsekuensinya.. mudah- mudahan bisa semakin mencintai pekerjaan yang dilakukan sekarang.. aaaamiiin.
      oiyaaa,, teh novi apa kabar? mudah- mudahan selalu sehat yaaa..
      jgn lupa ditemenin kalo udh lahiran biar ga bebiblueesss :)

      Delete
    2. hahaha.. sebagai yang telat nikah, sebel banget kalo ada yang bilang.. nikah atuh biar ada yang ngurus.. emangnya a dodi keliatan ga terurus gituh hahaha.

      baik.. iya Insya Alloh.. mudah2an bisa nemenin. aamiin

      Delete